social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074     social media logo utube icon icons.com 59063

RSSocial!

Lapas Salemba Gelar Pelatihan Simulasi Kebakaran

pemadam2

Jakarta, Lapas Salemba - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba bekerja sama dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Pemadam Kebakaran Kecamatan Cempaka Putih dalam hal kegiatan pelatihan simulasi kebakaran.

 

Rombongan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Pemadam Kebakaran Kecamatan Cempaka Putih yang dipimpin oleh Deni Andreas selaku Kepala Seksi Pencegahan memberikan pembekalan teori kepada seluruh peserta pelatihan simulasi Lapas Kelas IIA Salemba yang diikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Fahmi Rezatya Suratman, pejabat struktural, staf, dan anggota jaga di aula gedung 1 lantai 3 Lapas Kelas IIA Salemba.

pemadam3

 

 

Deni memberikan pembekalan materi tentang unsur api, proses terjadinya api dan klasifikasi api bahwa ada 4 kelas kebakaran yang ada, yaitu Kebakaran api tipe kelas A yang disebabkan oleh benda padat seperti kertas, kain, kayu, Kebakaran api tipe kelas B disebabkan oleh benda cair seperti bensin, minyak, solar, Kebakaran api tipe kelas C disebabkan oleh benda gas se[erti tinner, elpigi, dan Kebakaran api tipe kelas D disebabkan oleh benda logam seperti magnesium, misiu. Pada kegiatan ini juga disampaikan tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) dan perawatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

 

Selain itu, Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat yang dipimpin oleh Kasie Pencegahan Suku dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan juga memberikan materi tentang cara menanggulangi resiko kebakaran dan memitigasi resiko kebakaran yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba.

 

Setelah pemberian teori, para peserta pelatihan bergeser ke area lapangan olahraga Lapas Kelas IIA Salemba untuk melakukan praktik pemadaman api yang di bimbing oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Dinas Pemadam Kebakaran Cempaka Putih.

pemadam1

 

 

Di lapangan, peserta pelatihan diajarkan cara memadamkan api dengan berbagai cara, mulai dari cara tradisional dengan menggunakan karung, handuk atau gorden yang dibasahi, hingga memadamkan api dengan cara yang modern dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

 

Para peserta pelatihan simulasi kebakaran sangat antusias dan bersemangat dalam mempraktekan upaya pemadaman api menggunakan cara tradisional dan modern ini. Terlihat dari begitu fok