Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Ke 76 Di Lapas Salemba

Cetak

Jakarta, Lapas Salemba - Rabu, 10 november 2021 Lapas Salemba menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di Lapangan Upacara Lapas Kelas IIA Salemba.

 

Upacara dimulai pada pukul 08.00 dengan Ka. Lapas, Yosafat Rizanto Sebagai Inspektur Upacara, Kasubsi Keamanan, Yudhi Rizaldi sebagai Pemimpin upacara dan seluruh pegawai sebagai peserta upacara.

123 

 

Dalam upacara kali ini, amanat yang disampaikan oleh Yosafat selaku Inspektur Upacara adalah pesan dari Menteri sosial, Tri Rismaharini. Yosafat mengatakan kita harus sadar bahwa kita tidak boleh terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Ras dan Antar Golongan).

 

"kita harus sadar bahwa kita tidak boleh terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Ras dan Antar Golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda tahun 1928."

1222222223
 

 

"Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan." Pungkas Yosafat.

 

Lanjutnya, Yosafat juga mengatakan  kalau semangat, tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakan kita semua untuk mengemban misi bersejarah "mengalahkan" musuh bersama sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan Tema Hari Pahlawan 2021 yaitu "Pahlawanku Isnpirasiku".

 

Setelah menyampaikan amanat, Yosafat memimpin seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta dan berdoa untuk mengenang semua jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban demi kemerdekaan Bangsa Indonesia.

 

Rangkaian Upacara Dalam Rangka Hari Pahlawan 2021 ini ditutup dengan acara foto bersama seluruh peserta upacara di lapangan upacara Lapas Salemba.

1223