social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074     social media logo utube icon icons.com 59063

RSSocial!

Yayasan GMDM Memberikan Penyuluhan Kepada Peserta Rehab Medis Di Lapas Kelas IIA Salemba

rehab2

Jakarta, Lapas Salemba - Bertempat di aula Lantai 2 Gedung 2 Lapas Klas IIA Salemba, Yayasan Gerakan Mencegah Daripada Mengobati memberikan penyuluhan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (6/6).

 

Peserta kegiatan penyuluhan ini adalah 90 Warga Binaan Pemasyarakatan yang sedang mengikuti program Rehabilitasi Medis di Lapas Kelas IIA Salemba.

 

Kegiatan penyuluhan ini dibuka dengan acara fun Games yang dipimpin langsung oleh instruktur dari yayasan GMDM. 

 

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai Rehabilitasi Pemulihan Narkotika. Dari kegiatan sosialisasi ini para peserta pun mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat, Seperti tahapan-tahapan terkait proses perubahan yang diberikan oleh para instruktur,

rehab1

Instruktur menjelaskan bahwa ada 6 tahapan dalam rehabilitasi pemulihan narkotika, yang pertama yaitu Pra kesadaran, dimana dalam tahap ini para peserta digambarkan dengan masih adanya keinginan untuk berubah. Setelah itu dilanjutkan dengan tahapan Kontemplasi, tahap dimana adanya usaha ingin mencari jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi kini.

 

Tahap berikutnya adalah Bersiap untuk berubah. Yaitu adanya gagasan yang baik dalam diri peserta untuk melakukan hal baik sesegera mungkin. Diiringi dengan mengambil tindakan. Karena dengan mengambil tindakan, peserta diharapkan bisa melakukan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Tahapan berikutnya adalah menghindari kekambuhan. Ketika sudah memilih untuk mengambil tindakan, peserta mungkin akan mengalami masa-masa slip / kambuh, namun diharapkan agar menguatkan diri kembali dengan cara ingatkan diri peserta bagaimana parahnya masalah peserta pada waktu itu. Lalu tahapan terakhir adalah pemeliharaan dengan 'secara sadar', maksudnya peserta melakukan hal-hal ini dengan tujuan, bahwa peserta memikirkannya dan memilih untuk melakukan.

 

Diakhir sesi Kegiatan ini Instruktur Yayasan GMDM memberikan motivasi-motivasi kepada para peserta rehabilitasi medis yang berada di Lapas Kelas IIA Salemba agar para peserta dapat memupuk semangat keinginan sembuh dari para peserta.

 
 
 
 

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba merupakan Salah satu Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, yang berfungsi sebagai Lembaga Pemasyarakatan. Menempati areal seluas 34.000 m2  ( terdiri dari 8.436 m2  untuk bangunan, dan sisanya  untuk sarana lingkungan ) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba terletak di Jalan Percetakan Negara No.88 A, RT.12/RW.4, Rawasari, Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Kodepos 10570 dengan nomor telepon ( 021) 42883804

email :lapassalemba@kemenkumham.go.id

 

Sampaikan kritik dan saran yang membangun kepada kami agar dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi

(*)
Masukan nama lengkap anda

(*)
Email yang anda masukan salah.

(*)
Ketik pesan, masukan dan kritik anda.

Hari iniHari ini1
KemarinKemarin1
MingguanMingguan4
BulananBulanan22
Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Salemba, Copyright © 2021 Pusdatin - Kemenkumham RI