social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074     social media logo utube icon icons.com 59063

RSSocial!

Lapas Salemba Gelar Pelatihan Simulasi Kebakaran

pemadam2

Jakarta, Lapas Salemba - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba bekerja sama dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Pemadam Kebakaran Kecamatan Cempaka Putih dalam hal kegiatan pelatihan simulasi kebakaran.

 

Rombongan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Pemadam Kebakaran Kecamatan Cempaka Putih yang dipimpin oleh Deni Andreas selaku Kepala Seksi Pencegahan memberikan pembekalan teori kepada seluruh peserta pelatihan simulasi Lapas Kelas IIA Salemba yang diikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Fahmi Rezatya Suratman, pejabat struktural, staf, dan anggota jaga di aula gedung 1 lantai 3 Lapas Kelas IIA Salemba.

pemadam3

 

 

Deni memberikan pembekalan materi tentang unsur api, proses terjadinya api dan klasifikasi api bahwa ada 4 kelas kebakaran yang ada, yaitu Kebakaran api tipe kelas A yang disebabkan oleh benda padat seperti kertas, kain, kayu, Kebakaran api tipe kelas B disebabkan oleh benda cair seperti bensin, minyak, solar, Kebakaran api tipe kelas C disebabkan oleh benda gas se[erti tinner, elpigi, dan Kebakaran api tipe kelas D disebabkan oleh benda logam seperti magnesium, misiu. Pada kegiatan ini juga disampaikan tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) dan perawatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

 

Selain itu, Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat yang dipimpin oleh Kasie Pencegahan Suku dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan juga memberikan materi tentang cara menanggulangi resiko kebakaran dan memitigasi resiko kebakaran yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba.

 

Setelah pemberian teori, para peserta pelatihan bergeser ke area lapangan olahraga Lapas Kelas IIA Salemba untuk melakukan praktik pemadaman api yang di bimbing oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Dinas Pemadam Kebakaran Cempaka Putih.

pemadam1

 

 

Di lapangan, peserta pelatihan diajarkan cara memadamkan api dengan berbagai cara, mulai dari cara tradisional dengan menggunakan karung, handuk atau gorden yang dibasahi, hingga memadamkan api dengan cara yang modern dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

 

Para peserta pelatihan simulasi kebakaran sangat antusias dan bersemangat dalam mempraktekan upaya pemadaman api menggunakan cara tradisional dan modern ini. Terlihat dari begitu fokusnya saat memperhatikan penjelasan teori dan begitu semangatnya untuk bergantian mempraktekan pemadaman api ini.

pemadam

 

 

Selain memberikan pengetahuan tentang teori dan praktek pemadaman api, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Pemadam Kebakaran Kecamatan Cempaka Putih juga melakukan pengecekan sarana dan prasarana serta uji kelayakan seluruh alat pemadaman api ringan yang ada di Lapas Kelas IIA Salemba.

 

Selain sebagai salah satu Langkah progressive sebagai Tindak lanjut atas Penertiban Jaringan Listrik, HP, serta Peningkatan Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban di Lapas Kelas IIA Salemba, diharapkan juga dengan adanya kegiatan pelatihan simulasi kebakaran ini dapat meningkatkan kewaspadaan petugas dalam mencegah dan mengantisipasi serta meminimalisir terjadinya musibah kebakaran di Lapas Kelas IIA Salemba.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba merupakan Salah satu Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, yang berfungsi sebagai Lembaga Pemasyarakatan. Menempati areal seluas 34.000 m2  ( terdiri dari 8.436 m2  untuk bangunan, dan sisanya  untuk sarana lingkungan ) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba terletak di Jalan Percetakan Negara No.88 A, RT.12/RW.4, Rawasari, Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Kodepos 10570 dengan nomor telepon ( 021) 42883804

email :lapassalemba@kemenkumham.go.id

 

Sampaikan kritik dan saran yang membangun kepada kami agar dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi

(*)
Masukan nama lengkap anda

(*)
Email yang anda masukan salah.

(*)
Ketik pesan, masukan dan kritik anda.

Hari iniHari ini1
KemarinKemarin1
MingguanMingguan2
BulananBulanan7
Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Salemba, Copyright © 2021 Pusdatin - Kemenkumham RI